Mengenal Lebih Dekat Inkjet Printer

Inkjet printer diperkenalkan sejak 1980, hingga sekarang banyak yang menggunakannya sehingga harganya semakin terjangkau.

image001

inkjet printer adalah pinter yang mencetak dengan menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas sehingga membentuk image (gambar). Jika kita perhatikan jelas pada kertas yang sudah diprint kita dapat mengetahui :

  • Ukuran titik-titiknya sangat kecil sekitar 50 sampai 60 micron (dalam diameter), sangat kecil sehingga lebih kecil dari diameter rambut manusia sekitar 70 micron!
  • Titik-titik ditempatkan sangat tepat dengan resolusi sekitar 1440×720 dots per inch (dpi).
  • Titik-titik bisa dalam berbagai jenis warna yang dikombinasikan dan menghasilkan gambar dengan kualitas foto.

Jenis-jenis printer dalam penerapan teknologinya dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu :

Impact vs. Non-impact
Impact – yaitu mekanisme printer yang menyentuh kertas dalam membuat image, ada dua jenis teknologi impact yaitu :

  • Dot matrix printers menggunakan pin kecil untuk menekan pita yang dilumuri tinta, sehingga tinta berpindah pada kertas berupa titik-titik.
  • Character printers adalah type pencetakan pada mesin tik. Cara kerja sama seperti diatas namun pinnya berupa karakter maupun tanda baca yang lain.
  • Non-impact – jenis ini mencetak tanpa menyentuh media cetak, jenis-jenisnya antaraa lain :

Inkjet Printer termasuk Jenis printer yang tidak menyentuh permukaan kertas ketika mencetak. Antara lain :

    • Inkjet printers, yaitu jenis printer yang menggunakan nozzle untuk menyemprotkan tinta direct pada kertas.
    • Laser printers, menggunakan tinta kering (toner), listrik statik, dan pemanasan  untuk menempelkan tinta pada kertas.
    • Solid ink printers yaitu menggunakan tinta jenis lilin yang dilelehkan dan ditempelkan pada kertas, kemudian dikeringkan.

Diluar teknologi percetakan yang jauh lebih modern sampai saat ini inkjet printer masih populer digunakan pada banyak kalangan. Maka mari kita melihat lebih dekat apa isi dari inkjet printer :

Inside an Inkjet Printer
bagian-bagian printer inkjet adalah :

  • Print head assembly
    • Print head – komponen utama dari inkjet perinter, print head terdapat nozzles yang digunakan untuk menyemprotkan tinta.

    image004


    • Ink cartridges – memiliki berbagai jenis tergantung dari merk dan model dari printer. Ada yang menjadikan tinta warna dan tinta hitam dalam satu catridge dan ada juga yang memisahkan pada dua catrdige. Pada beberapa model inkjet printer catridge termasuk juga printhead itu sendiri.
    • Print head stepper motor – yaitu sejenis motor sepper yang menggerakkan print head. Beberapa printer memiliki motor stepper yang lain untuk menempatkan printhead ketika printer tidak digunakan.
  • image006

Stepper motor untuk mengontrol pergerakkan sebagian besar komponen inkjet printer.

    • Belt – terbuat dari sejenis karet yang menghubungkan printhead dengan motor stepper.
    • Stabilizer bar – yaitu tempat print head dimana printhead dapat bergerak kekiri dan ke kanan.
  • Paper feed
    • Paper tray/feeder – yaitu bagian untuk menyimpan  kertas untuk dicetak. Beberapa jenis printer tempat penyimpanan kertas sehingga kita dapat menepatkan beberapa kertas sekaligus. Adapula yang hanya memiliki tempat untuk satu helai kertas saja, sehingga kita harus memasukan satu persatu kertas yang akan diprint.
    • Rollers – untuk menarik dan menggulung kertas dari tempat kertas (paper tray), saat printhead sudahsiap untuk mencetak.

    image010

roller untuk menggulung kertas

  • Paper feed stepper motor – yaitu motor stepper yang dugunakan untuk menggulung kertas dari papertray.
  • Power supply – untuk menubah tegangan AC menjadi DC.
  • Control circuit – yaitu papan sirkuit untuk mengontrol mekanik printer. Dan menterjemahkan kode yang disampaikan oleh cpu untuk dicetak oleh printer.
  • Interface port(s) – yaitu port untuk menghunbungkan printer dengan cpu. Antara lain paralel port, usb port, serial port ataupun scsi port.

Heat vs Vibration

Ada dua macam teknologi yang digunakan oleh nozzles menyemprotkan tinta pada kertas berdasarkan merk printer adalah :

  • Thermal bubble – digunakan oleh merk Canon dan Hewlett Packard atau sering disebut juga dengan bubble jet. Pada jenis ini, panas yang ditimbulkan menghasilkan gelembung akibat penguapan dan mendorong tinta keluar nozzle. Type jenis ini dapat menyemprotkan 300 atau 600 nozzle kecil yang disemprotkan secara simultan.
  • Piezoelectric – dipatenkan oleh epson yaitu menggunakan teknologi piezo crystals. Yaitu kristal yang ditempatkan dibelakang catridge. Cristal menerima sinyal listrik sehingga menimbulkan vibrasi sehingga tinta bisa disemprotkan.

Langkah-langkah printer bekerja:

Click “OK” to Print
ketika kita menekan icon print, maka akan terjadi langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Software yang digunakan mengirimkan data yang akan diprint ke printer driver.
  2. Driver menterjemahkan data menjadi format yang dapat dimengerti oleh printer dan memastikan bahwa printer sudah online dan siap untuk mencetak.
  3. Data dikirimkan oleh driver dari komputer ke printer menggunakan penghubung (connection interface) seperti serial port, usb port dan lain-lain.
  4. Printer menerima data dari komputer disimpan dalam buffer (buffer tempat penyimpanan data sementara. Hal ini sering digunakan ketika transmisi data harus mengambil tempat pada kecepatan yang berbeda. Buffer mengakumulasi data dari peralatan berkecepatan rendah. Pada hardware, buffer adalah alat yang meluaskan sinyal, memperbesar kemampuan drive). Buffer dapat mencapai 512 KB RAM sampai 16 MB RAM. Makin besar kapasitas printer dapat menyimpan beberapa jenis dokumen yang akan di print, tergantung pada model dan merk printer.
  5. Jika printer tidak digunakan untuk beberapa saat biasanya printhead akan membersihkan dan memastikan printhead bersih dan siap untuk mulai lagi mencetak.
  6. Control circuit mengaktifkan motor stepper paper feed  activates the paper, bersamaan dengan roller yang mengambil kertas dari paper tray. Sebuah triger kecil mengerjakan mekanisme feeder dan menjepit kertas ketika kertas berada dalam paper tray. Jika triger tidak menerima sinyal adanya kertas maka LED “out of paper” menyala dan sinyal dikirim ke komputer.
  7. ketika kertas sudah siap pada posisi maka motor stepper menggunakan belt untuk menggerakan printhead keatas kertas. Once the paper is fed into the printer and positioned at the start of the page, the print head stepper motor uses the belt to move the print head assembly across the page. Motor berhenti sejenak untuk menyemprotkan titik-titik tinta pada kertas dan bergerak sedikit untuk menyemprotkan lagi sebelum kemudian berhenti lagi. Tahap-tahap tersebut terjadi begitu cepat sehingga kelihatan seperti pergerakan continue.
  8. beberapa titik disemprotkan di setiap penghentian. Dan menyemprotkan warna CMYK secara tepat dan menghasilkan image.
  9. pada tiap baris motor stepper akan kembali pada posisi semula. Kejadian ini terjadi secara continue sapai satu halaman penuh selesai di cetak.
  10. Waktu yang dibutuhkan untuk mengasilkan satu halaman penuh berbeda-beda pada tiap jenis printer.sebagai contoh subuah printer dapat mencetak halaman monochrome sebanyak 16 halaman dalam satu menit (ppm = page per minute) dan akan lebih lama jika yang diprint berupa image yang full color.
  1. ketika proses pinting selesai printhead akan kembali pada posisi semula. Dan kertas akan didorong keluar kertas oleh roller. Untuk printer keluaran terakhir menggunakan tinta yang cepat kering sehingga kita tidak perlu menunggu lama untuk menunggu tinta kering.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s