Alat Bantu Pendaratan Visual Pesawat (PAPI)

Dalam upaya menunjang keselamatan penerbangan di Bandar udara di Indonesia, selain tersedianya Instrumen Landing System (ILS) perlu juga didukung oleh adanya alat Bantu pendaratan visual (visual aids) untul meningkatkan pelayanan keselamatan penerbangan pada siang hari, baik dalam keadaan cuaca baik maupn cuaca buruk (kabut, awan dan asap) serta dalam kondisi pada malam hari.

Salah satu alat Bantu pendaratan visual tersebut adalah PAPI (Precission Approach path indicator) dan APAPIDalam ICAO Annex 14 volume I tahun 1990 halaman 53 pasal 5.3.6.2 disebutkan bahwa PAPI dan APAPI menggantikan VASIS,AVASIS dan selanjutnya sisten-sistem yang digantikan tidak lagi menjadi standar ICAO terhitung sejak 1 Januari1995.

PAPI adalah alat Bantu pendaratan visual yang membantu penerbang melakukan pendekatan dengan mengikuti sudut pendekatan yang benar menuju titik pendaratan. PAPI dirancang memberikan petunjuk secara nyata dari sudut pendaratan yang diinginkan (tepat pada titik sentuh pendaratan/ touch down point).

Pemakaian PAPI tidak memerlukan tambahan instrumen apapun pada pesawat terbang, jadi setiap penerbang dapat menggunakanya setelah alat tersebut terpasang. Jadii ketinggian sudut pendaratan dapat diketahui dari konfigirasi warna lampu PAPI yang dilihat oleh penerbang

Karenanya diharapkan pemasangan PAPI akan memberikan :

1. Jaminan seminim mungkin sentuhan mulus roda terhadap ambang landasan

2. Memberikan batas Jelas dari semua rintangan ketika sampai pada pendaratan terakhir

3. Jalur kecil (Approach path) pendaratan, membimbing pesawat pada titik touch down secara tepat tanpa melihat   keadaan atau karakteristik landasan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s