ATKP Surabaya Serius Mempersiapkan Jurnal Ilmiah Terakreditasi

Bimbingan Teknis Persiapan Penerbitan Jurnal Ilmiah

photo-a

Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya sebagai Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Perhubungan terus berbenah dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya penelitian ilmiah bagi dosen, hal ini menjadi fokus Direktur Ir, Setiyo, MM karena kegiatan penelitian ATKP Surabaya masih sangat minim dan perlu ditingkatkan. Oleh karena itu pada Selasa (08/11) yang lalu mengadakan Bimbingan Teknis  Persiapan Penerbitan Jurnal Ilmiah Terakreditasi di ATKP Surabaya.

Dalam kesempatan ini mendatangkan narasumber Ir. Resmana Lim, M.Eng dari UK Petra. Acara bimtek ini dibuka oleh Pembantu Direktur I Bidang Akademik Moch. Rifai, ST, M.Pd, dalam kesempatan ini Pudir I menyampaikan bahwa “ATKP Surabaya memang sudah memiliki Jurnal Terbitan Berkala akan tetapi untuk menuju proses akreditasi jurnal tersebut perlu perbaikan baik dari nama jurnal, kelembagaan penerbit, isi jurnal, oleh karena itu kita akan menerbitkan jurnal ilmiah baru yang terbit versi online dan cetak” begitu imbuhnya. Seperti diketahui bersama bahwa jurnal penelitian ATKP Surabaya sudah terbit sejak tahun 2007 dengan nomor ISSN 1978-6832 yang terbit mulai edisi September 2007.

photo-b

Bimtek ini dilaksanakan sebagai langkah awal Tim Persiapan Akreditasi Nasional Jurnal Ilmiah yang di ketuai oleh Suhanto, S.Kom, MM untuk melaksanakan persiapan penerbitan Jurnal Ilmiah versi cetak dan online serta prosiding di ATKP Surabaya. Disampaikan oleh Ir, Resmana Lim, M.Eng bahwa penilaian berkala ilmiah terdiri dari beberapa hal yaitu; penamaan terbitan berkala, kelembagaan penerbit, penyuntingan, penampilan, gaya penulisan, substansi artikel, keberkalaan dan penyebarluasan. Untuk itu perlu disusun langkah awal persiapan tersebut diantaranya  dengan menentukan nama jurnal yang spesifik dalam bidang penerbangan, kelembagaan penerbit dapat dilakukan dengan kerjasama dengan organisasi profesi dalam bidang penerbangan. Selain ini perlunya membentuk dewan penyunting jurnal dan pelibatan mitra bebestari yang memiliki reputasi yang kualifikasi. Selanjutnya Ir. Resmana Lim, M.Eng juga menyampaikan unsur penilaian dan bobot dalam akreditasi terbitan berkala ilmiah nasional. Akreditasi terbitan berkala ilmiah nasional dapat dilakukan secara online dengan mengakses http://arjuna.ristekdikti.go.id/ 

Pengajuan ISSN Jurnal Cetak dan Online

ISSN (International Standard of Serial Number) untuk terbitan berkala baik cetak maupun elektronik (online) pengajuannya dapat dilakukan secara online. Jika prasyaratnya telah lengkap, proses penerbitan ISSN hanya membutuhkan 1 hari kerja. Adapun kategori terbitan berkala ini adalah antara lain majalah, surat kabar, buletin, buku tahunan, laporan tahunan, jurnal maupun prosiding aneka pertemuan ilmiah. Pengajuan untuk terbitan regular (terbitan dalam format cetak) maupun elektronik (terbitan elektronik).

Alamat web (URL) untuk mengajukan ISSN ini dapat ditemui di http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi. Di link tersebut dijelaskan tentang daftar ISSN yang telah terbit, informasi lengkap tentang ISSN dan prosedur pengajuan ISSN baru serta formulir pengajuan ISSN.

Terbitan memenuhi syarat kelengkapan minimum :

  • Surat permohonan tertulis secara resmi dari penanggung jawab terbitan berkala suatu lembaga/organisasi berbadan hukum (berkop surat dan stempel lembaga/organisasi dan bukan surat dari pimpinan redaksi). Surat permohonan ditujukan kepada Kepala PDII-LIPI.
  • Halaman sampul depan terbitan berkala lengkap dengan judul (termasuk anak judul) terbitan, penulisan volume, nomor, dan tahun terbit, serta nama organisasi/lembaga penerbit.
  • Halaman daftar isi.
  • Halaman daftar Dewan Redaksi.
  • Biaya administrasi pengurusan nomor ISSN.

Seluruh dokumen disiapkan dalam bentuk data elektronik dengan format PDF. Untuk media elektronik bisa digantikan dengan tampilan situs yang memuat informasi terkait.

Setiap nomor ISSN hanya diperuntukkan bagi 1 (satu) judul terbitan pada satu media. Nomor ISSN yang sama terus berlaku selama judul dan atau anak judul terbitan serta medianya tidak berubah. Terbitan yang diterbitkan pada beberapa media berbeda (misal : cetak dan elektronik) wajib mengajukan ISSN untuk setiap media.

ATKP Surabaya rencana akan melakukan pendaftaran ISSN Jurnal versi cetak dan online, serta prosiding untuk kegiatan seminar penelitian yang dilaksanakan rutin setiap 1 (satu) tahun sekali. Target dari tim proses pendaftaran 3 (tiga) ISSN ini akan rampung pada akhir Desember 2016, sehingga pada tahun 2017 jurnal ilmiah ATKP Surabaya sudah memiliki terbitan berkala.

Open Journals System (OJS)

Adalah perangkat lunak sistem pengelolaan jurnal ilmiah berbasis open source dan tersedia secara gratis di seluruh dunia untuk tujuan membuat akses terhadap penerbitan jurnal lebih mudah dan diharapkan dapat meningkatkan pembaca sebuah jurnal serta kontribusinya terhadap kepentingan publik pada skala global.

ATKP Surabaya berupaya menerbitkan jurnal secara online untuk mewadahi publikasi ilmiah dosen, oleh karena untuk menunjang kegiatan ini perlu membangun Open Jurnal System (OJS) untuk memudahkan  pengelolaannya, hal ini juga menjadi fokus Tim karena OJS ini menjadi persyaratan awal pendaftaran ISSN jurnal online. Oleh karena itu perlu kerjasama yang  melibatkan Unit Teknologi Informasi ATKP Surabaya untuk membuat laman baru ejurnal di http://www.atkpsby.ac.id.

Undang-undang No 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen  pengertian Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena dosen adalah pendidik dan ilmuwan maka menjadi sebuah keniscayaan bahwa dosen harus selalu mengembangkan diri untuk melaksanakan penelitian pada bidang yang ditekuni sesuai dengan kompetensi.

Persiapan Akreditasi Jurnal Ilmiah ATKP Surabaya semoga menjadi momentum bangkitnya penelitian yang dilakukan oleh dosen ATKP khususnya dan dosen dilingkungan Kementerian Perhubungan pada umumnya, sehingga dengan hasil penelitian yang baik dan kompetitif secara nasional maka keberadaan Perguruan Tinggi di Kementerian Perhubungan tidak dipandang sebelah mata oleh Perguruan Tinggi yang lain khususnya bidang publikasi karya ilmiah. Keberhasilan publikasi ilmiah ini dapat tercapai tentunya dengan dukungan seluruh pihak, mulai dari perencanaan anggaran yang proporsional antara pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta peningkatan kompetensi dosen melalui kegiatan seminar dan workshop penelitian tingkat nasional. Semoga ATKP Surabaya mampu menjadi pioneer publikasi ilmiah bidang penerbangan sesuai dengan mottonya “Be First Class Airmen”. Hanstuban

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s