SIAKAD Sistem Informasi “Wajib” Untuk ATKP Surabaya

Gambar AApa itu Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)?

SIAKAD adalah suatu Sistem Informasi Akademik yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online, seperti proses Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR), pembuatan kurrikulum, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), Kartu Hasil Studi (KHS), pengisian nilai, pengelolaan data dosen & mahasiswa, transkrip nilai, ijazah dan lain-lain. Sistem ini juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kampus.

Integrasi Data

Siakad Online mengelola seluruh data secara terintegrasi sehingga data akan selalu uptodate / realtime dan selalu siap untuk digunakan, serta mengurangi kemungkinan duplikasi data karena siakad Online menggunakan sistem basis data terpusat.

Pusat Informasi

Dengan respon email otomatis, SIPENCATAR online,  penjadwalan kelas, KRS online, dan penilaian secara online / realtime maka semua berita atau pengumuman Siakad Online akan menjadi pusat informasi yang senantiasa menjadi kebutuhan bagi seluruh civitas kampus.

Rekam Kegiatan Kampus

Siakad Online memberikan kemudahan kepada para pengguna untuk senantiasa dapat memantau perkembangan setiap kegiatan yang ada didalam kampus, mulai dari proses  Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR), KRS, Proses perkuliahan dan penilaian, sehingga setiap prosesnya dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Media Komunitas Pengguna

Dengan email terpadu. fitur chating, forum dll, Siakad Online memberikan fasilitas media komunikasi kepada seluruh pengguna, diantaranya mahasiswa, dosen, staff akademik, staff keuangan, atau bahkan admin sistem dan pimpinan untuk senantiasa saling berkomunikasi.

Pelaporan EPSBED

Siakad Online menyediakan fitur untuk pelaporan EPSBED kepada DIKTI yang sesuai dengan standart nasional, sehingga memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan.

Pentingnya SIAKAD Untuk Sebuah Kampus

Apliaksi siakad biasanya terdapat menu menu yang sangat berhubungan langsung dengan proses administrasi dan proses belajar mengajar. Misalkan saja di bagian menu mahasiswa maka akan bisa ditemukan aplikasi untuk mengambil mata kuliah dan juga bisa kita melihat hasil studi.

Manfaatnya juga sangat banyak untuk para Dosen lebih mudah dalam mengisikan nilai mahasiswa karena bisa lakukan dimana saja dan kapan saja mereka menginginkan. Karena sifatnya online maka aplikasi ini bisa digunakan dimanapun.

Biasanya sebuah perguruan tinggi akan dinilai modern jikalau sudah menerapkan sistem informasi kampus ini atau menerapkan penilaian atau apa saja yang berhubungan dengan pembelajaran secara online.

Tuntutan zaman  sangat dibutuhkan dalam waktu sekarang ini, ketika kita diminta untuk bisa menyuguhkan secara cepat untuk semua yang berhubungan dengan kampus. Dengan adanya aplikasi kampus ini minimal semua akan bisa dibantu dengan apkasi ini.Sebuah keharusan bagi sebuah universitas untuk bisa menerapkan siakad dikampus masing masing agar proses belajar dan mengajar tidak terhambat.

Manual Menuju Digital

SIAKAD akan merubah paradigma baru bagi sebuah kampus, seluruh administrasi yang awalnya manual berbasis kertas akan berubah menjadi sistem administrasi berbasis digital, seperti proses Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) dilakukan secara online. SIPENCATAR Online sudah di laksanakan oleh ATKP Surabaya sejak tahun 2015, untuk memudahkan peserta dari berbagai penjuru tanah air untuk mendaftar menjadi calon taruna. Data calon taruna akan tersimpan dengan baik dalam database, setiap saat kita membutuhkan data akan mudah untuk mengakses.

Pembuatan jadwal kuliah juga dapat diakses secara online dengan site ini, memudahkan setiap Prodi untuk membuat jadwal perkuliahan semester. Pembagian dosen ampu mata kuliah dapat terhindar dari adanya jam yang double pada satu dosen dikelas yang berbeda. Sistem ini akan mengatur pembagian kelas dan  jam perkuliahan sehingga memudahkan manajemen untuk proses perkuliahan.

Kartu Rencana Studi (KRS) diakses oleh taruna masing-masing yaitu dengan login pada aplikasi kemudian mengambil SKS mata kuliah yang ditetapkan. Proses KRS ini menjadi kewajiban seluruh Taruna sebelum mengikuti perkuliahan di semester baru.

Kartu Hasil Studi (KHS) adalah kartu hasil studi berisi nilai dalam satu semester, KHS dapat diakses seluruh taruna setelah proses input nilai oleh masing-masing dosen dan tenaga kependidikan selesai. Pengisian nilai hasil ujian setiap mata kuliah dilakukan oleh dosen pengampu masing-masing.

Dalam sistem ini proses pembuatan transkrip nilai dan ijazah yang mulanya dikerjakan manual oleh bagian akademik dan ketarunaan dapat langsung diprint dengan mudah tanpa harus input nilai terlebih dahulu. Nilai setiap mahasiswa setiap semester akan tersimpan dalam data base dan dilolah menjadi nilai akhir.

Wajibkah SIAKAD Untuk ATKP Surabaya?

Sebagai pendidikan tinggi dibawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) ATKP Surabaya dituntut untuk membuat sistem informasi yang mudah diakses, cepat, dan online untuk peningkatan pelayanan pendidikan. Sistem Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR), Computer Assist Tes (CAT), Sistem Pemantauan Keuangan Terpadu (SIPEKAT) adalah beberapa aplikasi yang sudah dijalankan oleh ATKP Surabaya. Untuk mendukung sistem yang sudah ada tersebut sistem informasi akademik  ini memberikan banyak kemudahan bagi taruna maupun bagi manajemen untuk pengelolaan pendidikan.

SIAKAD sebagai sistem informasi untuk administrasi akademik dibutuhkan sebagai sistem yang mentransformasikan pengelolaan akademik dengan sistem manual (paper) menjadi sistem yang online (paperless). Data taruna, data nilai, data dosen, data alumni, data pengguna lulusan serta data lain akan tersimpan dengan baik dalam database server. Setiap saat data tersebut dapat diakses dengan mudah jika diperlukan, sehingga kemudahan akses tersebut dapat meningkatkan pelayanan pendidikan.

ATKP Surabaya “tinggal menghitung hari” akan berubah menjadi Politeknik Penerbangan Surabaya, kebutuhan sistem informasi yang cepat semakin meningkat dengan beberapa agenda kedepan yakni Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT), perubahan kelembagaan, penambahan program studi untuk jenjang Diploma III dan Diploma IV serta perubahan lain yang menjadi tuntutan pendidikan tinggi sesuai peraturan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Beberapa waktu yang lalu tepatnya akhir Februari 2017 ATKP Surabaya ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum (BLU) yang menerapkan remunerasi, sebuah lecutan bagi seluruh civitas akademika untuk bahu membahu bergandengan tangan dan mengencangkan ikat pinggang menyusun strategi pengembangan, eksekusi program berbasi profit bagi BLU dan evaluasi seluruh program dengan langkah preventif dan korektif terhadap kebijakan yang telah dilaksanakan.

SIAKAD adalah keniscayaan dan keharusan bagi ATKP Surabaya jika ingin menjadi perguruan tinggi yang diperhitungkan dilevel Kementerian Perhubungan maupun Nasional. Perguruan tinggi yang baik harus di support dengan sistem informasi yang baik pula, sistem informasi yang bisa di akses dimanapun dan kapanpun berada bagi seluruh civitas akademika dan umum. Mari kita sambut kehadiran Politeknik Penerbangan Surabaya dengan sistem informasi akademik, sehingga kehadirannya menjadi begitu berharga. (Hanstuban)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s